Senin, 10 Desember 2007

sifat egois


Pernah ga kita nyadarin bahwa dalam hidup ini tanpa di sadari kadang2 kita berlaku egois..
kita selalu menuntut..yang terbaik untuk kita..tanpa kita sadari kita tidak melakukan yang terbaik bagi yang lain.
kita menuntut orang lain untuk tidak menyakiti hati kita..tanpa kita sadari kita sendiri melakukan hal2 yang menyakiti hati orang lain.

saya sedang berbicara tentang ketidak sengajaan.bukan tentang kesengajaan..
sesuatu yang kita tidak sadari..tidak ketahui..tapi menyakiti..merugikan.menjengkelkan bagi orang lain..

bahkan mengenai hal2 yang sangat kecil dan sepele..

beberapa hari yang lalu seorang klien mencurahkan isi hati nya kepada saya.

'gw sedih bgt..cowo itu cerita..bahwa dia ternyata udah lama kenal dekat dengan gebetan nya..padahal..selama ini dia juga deket sama gw..dia ga pernah cerita kalo dia punya gebetan'

lalu saya balas..

'lo sedih?...lo pernah ga merasa bahwa dia juga sedih waktu lo ceritain tentang mantan pacar lo ke dia..padahal dia lagi ngedeketin lo.lo dengan tenang nya bercerita tentang mantan pacar lo.tentang hubungan lo.tentang kemesraan lo dengan mantan lo.tapi skarang lo marah dan jengkel waktu dia ceritain tentang gebetan nya dia..'

dia terdiam..dan seperti nya tersadar oleh ucapan saya.

hal2 seperti di atas acap kali terjadi dalam kehidupan seusia kita..
kadang2 kita menuntut agar kita tidak di sakiti perasaan nya oleh orang lain..
tapi kita sendiri tidak menyadari..bahwa seseorang terluka perasaan nya ketika kita sedang merasa bahagia.

Tidak ada komentar: